Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Menstruasi

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Menstruasi - Hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika sedang menstruasi dan hendak mengkonsumsi obat sakit perut, anda wajib berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter tentang obat yang akan anda konsumsi, sebab obat anti nyeri tersebut biasanya mempunyai efek samping seperti mual, nyeri ulu hati, perut terasa kembung hingga menjadi tukak lambung.


Ada banyak cara mengatasi sakit perut saat menstruasi tanpa haru mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Salah satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas olahraga ringan seperti bersepeda, jalan kaki ataupun renang.

Cara lainnya untuk menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi adalah dengan menghindari minuman yang mengandung alkohol, kafein, soda dan gula. Selain itu anda pula dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium serta zinc. Manfaat yang anda dapatkan selain mengatasi sakit perut saat mentruasi anda juga bisa mendapatkan kecantikan alami.

Makanan dengan suhu dingin seperti es krim dan air es juga harus anda hindari. Malakukan aktivitas olahraga berat juga harus anda hindari, jadi anda cukup melakukan olahraga ringan saja. Banyak asupan vitamin E dan vitamin B6 serta banyak konsumsi minyak ikan pun dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit perut saat menstruasi. Intinya, lebih baik perbanyak konsumsi makanan rendah lemak daripada harus mengkonsumsi obat sakit perut saat menstruasi.

Apabila terjadi rasa sakit tak tertahankan sampai kram perut, anda bisa menggunakan kompres air hangat. Hal ini dapat membuat aliran darah di daerah perut kembali lancar serta otot-otot yang kram kembali rileks.

Berbagai hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi nyeri perut saat mentrasuasi tanpa obat, antara lain:
  • Kompres perut dengan botol hangat tepat pada perut yang sakit atau kram
  • Mandi dengan air hangat
  • Hindari makanan dan minuman dingin
  • Konsumsi minuman hangat, terutama yang mengandung banyak kalsium
  • Untuk proses relaksasi, tarik napas dalam-dalam secara perlahan
  • Bisa juga mengambil posisi menungging (posisi rahim menggantung di bawah) untuk proses relaksasi

Itulah beberapa cara mengatasi sakit perut saat menstruasi yang dapat kami informasikan. Apabila rasa nyeri sudah sangat tak tertahankan lagi dan sudah malakukan berbagai cara diatas dan tak kunjung sembuh, maka anda disarankan untuk memeriksakan diri pada dokter.

0 Response to "Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Menstruasi"

Post a Comment