Cara Mengatasi Gatal Pada Kemaluan Wanita

Cara Mengatasi Gatal Pada Kemaluan Wanita - Rasa gatal pada kemaluan wanita sebenarnya keluhan yang umum terjadi baik itu pada anak-anak maupun wanita dewasa. Namun anda perlu waspada jika gatal tersebut berlangsung hingga beberapa hari serta disertai dengan gejala-gejala lainnya, maka ada baiknya anda periksakan langsung pada dokter ahli.


Penyebab Gatal Pada Kemaluan Wanita


Gatal pada kemaluan wanita biasanya disebabkan oleh satu atau beberapa penyebab. Perlu pemeriksaan dokter untuk mengetahui penyebab gatal tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum gatal pada kemaluan wanita.

Penggunaan bahan kimia
Gatal bisa disebabkan karena iritasi pada vagina akibat penggunaan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam beberapa produk, seperti sabun, tisu, krim, kondom serta pembalut.

Infeksi jamur/kandidiasis vagina
Jamur ini jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi jamur ini lebih berisiko menyerang wanita yang sedang hamil, penggunaan antibiotik, aktif berhubungan seksual serta ketika kondisi tubuh yang sedang melemah. Tidak hanya gatal, jamur ini dapat menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.

Vaginosis bakteri
Adanya beberapa bakteri sehat pada vagina merupakan salah satu hal yang normal. Akan tetapi bakteri jahat bisa menyebabkan gatal serta infeksi. Bukan hanya gatal, vaginosis bakteri ini dapat menyebabkan perih dan vagina mengeluarkan cairan berbau tak sedap.

Penyakit menular seksual (PMS)
Penyakit-penyakit tersebut meliputi gonore, herpes, klamidia serta trikomoniasis.

Menopause
Menurunnya produksi hormon estrogen saat wanita memasuki masa menopause bisa menyebabkan dinding pada vagina mengering dan menipis, maka menyebabkan gatal dan iritasi. Bukan hanya pada lansia saja, hal ini dapat terjadi pula pada wanita yang sedang menyusui.

Lichen sklerosis
Lichen sklerosis adalah bercak putih yang terdapat pada sekitar kemaluan. Kondisi ini jarang sekali terjadi, dan bila terjadi biasanya menyerang wanita pascamenopause. Penyakit lainnya yang bisa menyebabkan gatal adalah eksim.

Infeksi cacing kremi
Hal ini lebih sering dialami oleh anak-anak perempuan.

Pra-kanker
Gatal pun bisa disebabkan karena adanya pra-kanker pada kulit kemaluan.

Stres
Jika kondisi emosional sedang tidak stabil bisa menyebabkan sistem imun tubuh melemah dan membuat tubuh mudah mengalami iritasi dan gatal.

Periksakan langsung pada dokter apabila gatal pada kemaluan tersebut disertai dengan gejala-gejala seperti dibawah ini:

  • Keluar cairan abnormal pada vagina
  • Luka seperti sariawan atau bisul pada vulva
  • Perih dan susah saat buang air kecil
  • Gatal disertai pembengkakan dan pendarahan
  • Gejala tidak normal lainnya yang terjadi lebih dari 1 minggu

Vagina gatal akan ditangani secara berbeda oleh dokter tergantung penyebab dan jenisnya. Berikut penanganannya, antara lain:

  • Antibiotik diberikan untuk pengobatan infeksi menular seksual
  • Obat-obatan anti jamur diberikan untuk pengobatan akibat infeksi jamur. Bisanya untuk dikonsumsi dengan diminum serta dioles pada vagina.
  • Krim atau tablet estrogen diberikan untuk pengobatan gatal yang disebabkan karena menopause. Lotion atau krim ini biasanya digunakan untuk mengatasi inflamasi dan gatal
  • Untuk mengatasi gatal karena alergi biasanya diberikan obat-obatan antihistamin.

Cara Mengatasi Gatal Pada Kemaluan Wanita



Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengatasi gatal pada kemaluan wanita. Cara ini selain itu wanita dewasa, juga dapat dilakukan oleh anak-anak dan remaja putri.

  1. Jangan menggunakan pembalut, pantyliner dan tisu beraroma, serta pembersih vagina beraroma.
  2. Buat membersihkan daerah vagina cukup dengan air bersih dan sabun biasa. Membersihkannya pun cukup sekali dalam sehari, karena jika lebih dari sekali dapat menyebabkan vagina jadi kering.
  3. Setelah BAB sebaiknya bersihkan anus dengan arah dari depan ke belakang. Jika menggunakan tisu toilet sebaiknya diusapkan dari arah vagina ke anus, bukan sebaliknya.
  4. Wanita dewasa dan remaja sebaiknya mengganti pembalut sesering mungkin sesuai kebutuhan.
  5. Ganti celana dalam anda setiap hari. Celana dalam berbahan katun lebih sehat dibandingkan dengan berbahan nilon dan bahan sintetis lainnya.
  6. Saat berhubungan badan sebaiknya gunakan kondom untuk mencegah infeksi menular.
  7. Jangan berhubungan badan ketika vagina dalam keadaan masih gatal.
  8. Jangan menggaruk vagina, meskipun terasa sangat gatal.
  9. Ganti sesegera mungkin pakaian olahraga anda terutama setelah renang.
  10. Kurangi penggunaan rok atau celanan ketat.

Jika di teliti kembali dari tulisan diatas, secara keseluruhan sebenarnya gatal pada kemaluan ini dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan organ kemaluan anda. Jika gatal masih berlanjut meski sudah mencoba cara mengatasi gatal pada kemaluan wanita ini, sebaiknya periksakan langsung pada dokter spesialis kulit.

1 Response to "Cara Mengatasi Gatal Pada Kemaluan Wanita"

  1. Jangan lewatkan PROMO KEMERDEKAAN FREEBET INDONESIA KE-72
    Agustus EveryDay Get 10% untuk 100 User ID Beruntung di setiap Harinya bersama www.pokerayam.com
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
    Poker Terpercaya
    Poker Indonesia
    Poker Terbaik
    Klik Disini

    ReplyDelete