Cara Mengatasi Kaki Pegal

Cara Mengatasi Kaki Pegal - Beraktivitas sehari-hari dengan menggunakan sepatu atau sandal dengan hak tinggi mungkin sudah menjadi kebiasaan anda, hal ini tentunya dapat menyebabkan kaki pegal-pegal. Jangan abaikan keluhan pegal-pegal pada kaki anda karena apabila dibiarkan begitu saja akan cukup berbahaya dan mendatangkan malapetaka. Persendian dan otot kaki pada pergelangan kaki dapat tertekan sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Seorang pakar gerakan manusia dan pencipta serial DVD "Alligned and Well", Katy Bowman, menyatakan bahwa ada cara cukup gampang untuk mengatasi pegal-pegal pada kaki. Ia menyarankan supaya melakukan empat gerakan peregangan sebanyak tiga kali dalam sehari. Setiap gerakan baiknya dilakukan dalam satu menit. Selain itu, ada pula cara mengatasi kaki pegal yang dijamin ampuh dan efektif. Mari kita simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Kaki Pegal



Berikut ini adalah empat gerakan yang disarankan sesuai dengan penjelasan diatas:

1. Peregangan otot kaki
Duduklah dengan posisi menghadap ke dinding dengan telapak kaki merapat ke dinding. Luruskan tangan tangan anda sejauh mungkin kearah telapak kaki guna meregangkan otot-otot pada betis dan paha. Sebab, selama menggunakan sepatu dan sandal dengan hak tinggi dapat membuat otot kaki anda mengencang.

2. Peregangan kaki
Berdirilah dengan kaki kanan berada di depan sedangkan kaki kiri dibelakang. Angkat serta arahkan jari-jari kaki kiri anda hingga menyentuh lantai. Lakukan sampai anda benar-benar merasakan peregangan pada bagian kaki atas dan tahan selama satu menit. Selanjutnya, lakukan hal serupa pada kaki sebaliknya.

3. Peregangan jari kaki
Duduk pada kursi dengan posisi kaki kanan diatas kaki kiri anda. Sisipkan jari kiri anda ke jari kaki kanan anda. Regangkan semua jari kaki kanan anda sampai sejauh mungkin. Jangan menarik jari kaki kanan anda ke atas maupun ke bawah. Tahan beberapa saat. Setelah itu, ulangi cara tersebut untuk kaki yang sebalanya lagi.

4. Peregangan dinding
Baringkan tubuh bagian bawah beberapa sentimeter dari dinding dan lengan terentang keluar. Taruh tumit anda pada dinding dengan kaki melebar sampai membentuk huruf V. Biasanya anda bakal merasakan tarikan lembut pada bagian otot paha bagian dalam. Menggunakan sepatu dan sandal dengan hak tinggi bisa membuat lengkungan pada kaki anda, fungsi peregangan ini adalah untuk merelaksasikan otot kaki tersebut. Selain itu, dengan mengangkat kaki dapat mengurangi pembengkakan pada bagian otot betis anda.

Dibawah ini adalah cara mengatasi kaki pegal yang cukup efektif dan mudah di praktekan:

  1. Gantilah sepatu yang biasa anda pakai sehari-sehari. Lengkungan, penyokong serta bentuk sepatu yang tepat dapat mengurangi rasa sakit pada kaki anda jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.
  2. Angkat kaki setinggi 3-4 inci (7-10cm) untuk menghilangkan rasa sakit dan lelah pada kaki anda.
  3. Rendam kaki dengan campuran air hangat dan garam, hal ini dapat membuat otot kaki anda kembali rileks. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan pepermint beberapa lembar serta beberapa butir kelereng dalam basom campuran air hangat dan garam tersebut. Putar-putar dengan telapak kaki guna memberi pijatan supaya kaki jadi lebih rileks lagi.
  4. Pijat telapak kaki anda menggunakan minyak esensial atau pelembab kulit. Usahakan pijat pada bagian kaki yang sakit supya hasilnya lebih maksimal.
  5. Pakailah kaus kaki dengan berbahan katun setelah anda melakukan beberapa tips diatas selama anda tidur. Rasa sakit dan lelah pada kaki akan hilang dan kaki anda akan terasa lebih lembut.
  6. Gunakan campuran nasi yang diremas-remas dengan garam dan tambahan sedikit air. Oleskan pada bagian kaki yang pegal sebelum anda tidur.

Itulah beberapa cara mengatasi kaki pegal yang dapat saya informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Kaki Pegal"

Post a Comment